Monday, December 23, 2013

Cara Menurunkan Penyakit Tekanan Darah Tinggi

Cara Menurunkan Penyakit Tekanan Darah Tinggi - Darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang bisa didapatkan dari faktor genetis. Jika orang tua kita memiliki penyakit darah tinggi, maka kita juga akan beresiko tinggi terhadap penyakit darah tinggi.

Darah tinggi merupakan penyakit yang merupakan awal mula dari gagal jantung dan juga stroke. Oleh karena itu kita harus menjaga dengan benar tekanan darah tinggi kita agar tetap normal di angka 120mmHg untuk sistolik serta 80 mmHg untuk diastolik.

Tekanan darah tinggi umumnya menyerang orang orang yang obesitas. Karena banyak sekali kandungan lemak yang ada di dalam tubuh dan juga darahnya. Sehingga dalam memompa darah akan menjadi lebih berat karena pembuluh darah mengalami penyempitan. Untuk itu diperlukan usaha agar darah bisa mengalir dengan lancar serta nilai tekanan darah menjadi normal kembali.

Cara Menurunkan Penyakit Tekanan Darah Tinggi


Cara Menurunkan Penyakit Tekanan Darah Tinggi


Beberapa cara menurunkan penyakit tekanan darah tinggi :

1. Melakukan aktivitas jalan kaki minimal 1 jam sehari

Dengan melakukan aktivitas berjalan, tentunya bisa membakar lemak yang ada di tubuh kita. Sehingga lemak yang ada di darah akan disimpan di dalam jaringan lemak. Berjalan kaki juga merupakan olahraga yang paling ringan namun memiliki efek yang dahsyat. Jadi bila anda ingin hidup sehat, segera mulailah aktivitas jalan kaki minimal 1 jam sehari.

2. Mengurangi konsumsi garam (natrium)

Garam merupakan salah satu faktor yangbisa meningkatkan tekanan darah tinggi. Karena dengan semakin banyaknya kadar natrium dalam tubuh, akan mempengaruhi reabsorbsi darah di giinjal sehingga tekanan darah akan menjadi naik. Jadi bila anda ingin menurunkan tekanan darah tinggi anda, maka saya sarankan untuk segera mengurangi konsumsi makanan yang asin asin.

3. Mengurangi konsumsi makanan berkarbohidrat atau bergula dengan porsi yang besar

Bagi anda yang masih memiliki tekanan darah normal, hal ini memang hanya akan memberikan sedikit efek bagi anda. Namun jika anda adalah seseorang yang hipertensi, maka hal ini bisa sangat membantu dalam usaha menyurunkan kembali tekanan darah tinggi. Jadi anda harus mengatur pola makan dengan lebih memilih makanan dengan kadar gula yang rendah.

4. Memperbanyak minum air

Air memang merupakan salah satu unsur yang menyehatkan untuk tubuh manusia. Konsumsi air yang banyak tentunya akan sangat membantu proses filterasi yang ada di ginjal. Dengan kadar air yang tinggi maka tingkat kekentalan darah juga akan menjadi lebih berkurang sehingga darah dapat mengalir dengan lancar dan tekanan darah menjadi normal.

5. Meminum obat kimia sebagai terapi pengobatan

Hipertensi yang sudah akut memang sulit untuk diturunkan secara instan. Namun dalam upaya mengoptimalkan jantung dan tekanan darah kita. Maka memang diperlukan bantuan obat untuk darah tinggi. Untuk darah tinggi yang biasa, biasanya bisa menggunakan kaptopril yangmerupakan obat hipertensi yang paling murah. Namun tentunya harus dalam petunjuk dokter, agar tidak terjadi kesalahan penggunaan.

Demikian artikel dari Zonasehat mengenai Cara Menurunkan Penyakit Darah Tinggi. Semoga bermanfaat.






0 comments:

Post a Comment